Pentingnya Pancasila di era sekarang ini

Pentingnya menggali dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pertanyaannya, Kenapa hal ini menjadi penting?

Saya sendiri melihat karena saat ini generasi muda makin jauh dari Ideologi Nasional Bangsa yaitu Pancasila. Marilah kita bayangkan kira-kira apa yang akan terjadi 10 tahun kedepan, ketika generasi mendatang sudah tidak paham Pancasila. Saya tak bisa membayangkan, mungkin lebih baik kita berbuat sekarang, menyelamatkan Pancasila dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sejarah mencatat, Pancasila telah disepakati sebagai ideologi bangsa yang akan menyatukan setiap perbedaan di bangsa ini. Namun seiring arus deras globalisasi, Pancasila seolah terpinggirkan. Coba saja tanyakan pada anak-anak usia remaja. Lebih mengenal Pancasila atau sinetron? Saya yakin jawabannya Sinetron.
Saya merasa sedih, kita semua juga tentunya. Jika kita renungkan, letak kesalahan berada pada sikap kita yang enggan menggali nilai-nilai luhur Pancasila untuk disesuaikan dengan tantangan zaman modern. ‘malu-malu kucing’ dalam berbicara mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI maupun Bhinneka Tunggal Ika.
Akibatnya sikap kita yang salah kaprah, sebagaimana di atas, bangsa ini seolah berjalan tanpa kendali. Kondisi yang terjadi adalah, nilai lama telah ditinggalkan sementara nilai baru belum terbentuk. Ibarat layangan putus, kita terombang-ambing mengikuti kemana angin menuju. Pembangunan seolah berjalan tanpa arah yang pasti. Begitu juga pembangunan manusia Indonesia. Pergantian kepemimpinan nasional sepanjang reformasi tak pernah menempatkan Pancasila sebagai agenda prioritas. Para pemimpin sibuk bertarung di tengah kecamuk konflik dan upaya mempertahankan kekuasaannya. Sementara demokrasi yang baru mekar dimaknai secara sepihak. Padahal demokrasi sejatinya hanyalah alat menuju pencapaian kesejahteraan rakyat. Ironisnya, demokrasi sepanjang reformasi lebih sering menampakkan sisi kelamnya dengan berbagai benturan kepentingan jangka pendek di kalangan elit.
Memang tak mudah untuk mesosialisasikan kembali ideologi Pancasila di era yang terus berubah ini. Namun demikian, Pancasila harus diselamatkan. Jangan sampai bangsa ini mencampakkan Pancasila, tanpa pernah mengamalkannya. Untunglah setelah riuh rendah reformasi,semangat membangun kembali nilai bangsa mulai tampak di negeri ini.Yang dibutuhkan oleh bangsa ini adalah revitalisasi Pancasila sesuai tantangan aktual zaman. Jangan sampai pola pematungan dan pemuseuman Pancasila terjadi lagi. Karena jika demikian yang dilakukan, maka makin menjerumuskan Pancasila kepinggir.
Sementara, dalam menghadapi internasionalisme, Bung Karno juga menegaskan bahwa nasionalisme kita sejak dulu bukanlah chauvinisme. Melainkan nasionalisme yang menuju kekeluargaan dunia dan persatuan bangsa-bangsa. Dengan demikian sejatinya tidak ada konflik antara nasionalisme dan internasionalisme. Internasionalisme justru tidak akan ada tanpa bangunan nasionalisme masing-masing negara. Begitu juga sebaliknya, nasionalisme tidak akan tumbuh subur jika tidak berada dalam taman sarinya internasionalisme. Jika globalisasi mengklaim sebagai rumah global, maka di dalamnya juga diperlukan rumah kita sendiri, di dalam rumah global itu. Rumah dimaksud adalah nasionalisme kita.
Untuk mengakhiri berbagai polemik di masyarakat, perdebatan ideologi diantara berbagai kalangan di negeri ini harus dihentikan. Pancasila merupakan solusi yang diwariskan para pendiri bangsa, dan sudah terbukti mampu memayungi berbagai perbedaan. Bangsa ini juga harus berani mengawal empat konsep final dalam tata kenegaraan kita. Empat konsep tersebut antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Apakah kita sekarang sudah siap? Semoga kita menjadi generasi yang berarti bagi bangsa ini.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s